Pj Bunda PAUD Aceh Barat Kukuhkan Bunda PAUD Gampong se Woyla

Postmedan.com. Aceh Barat|| Penjabat (Pj) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Aceh Barat, Radhiah, S Pd.I., Rabu (16-11-2022), secara resmi, mengukuhkan Bunda PAUD Gampong

Firman

Postmedan.com. Aceh Barat|| Penjabat (Pj) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Aceh Barat, Radhiah, S Pd.I., Rabu (16-11-2022), secara resmi, mengukuhkan Bunda PAUD Gampong (desa) se Kecamatan Woyla yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Woyla, Kabupaten Aceh Barat.

Usai dikukuhkan, Bunda PAUD Gampong dan tim Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD dalam Kecamatan Woyla, mendapatkan pembinaan langsung dari Bunda PAUD tingkat Kabupaten Aceh Barat, terkait pelaksanaan setiap program kerja PAUD, yang nantinya akan diterapkan di gampong masing-masing.
Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kabupaten Aceh Barat, Radhiah, mengucapkan selamat atas pengukuhan Bunda PAUD gampong dalam Kecamatan Woyla. “Saya berharap dengan dikukuhkannya Bunda PAUD gampong ini, dapat menjadi dorongan semangat dan motivasi dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab Bunda PAUD secara baik, sehingga mampu bergerak bersama menuju PAUD berkualitas untuk melahirkan generasi emas Kabupaten Aceh Barat,” ucap Radhiah.
Menurut Radhiah, pengukuhan Bunda PAUD gampong menjadi instrumen penting dalam memperkuat peran Bunda PAUD gampong, sebagai penggerak utama peningkatan kualitas PAUD di tingkat gampong serta membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD. “Bunda PAUD gampong juga memiliki peran besar sebagai fasilitator dan motivator dalam menunjang perbaikan layanan PAUD, sekaligus mendorong pemanfaatan dana desa dalam rangka pembinaan layanan PAUD berbasis Holistik Integratif (PAUD-HI) yang berkualitas di setiap gampong,” imbuh Radhiah.
Bunda PAUD Aceh Barat itu juga berpesan kepada para Bunda PAUD gampong dan tim pokja Bunda PAUD dalam Kecamatan Woyla, untuk menyelaraskan langkah serta bekerjasama dengan semua elemen terkait dalam menyusun dan menyukseskan berbagai program PAUD, agar berjalan optimal dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.
Radhiah juga mengharapkan para Bunda PAUD bersama unsur dinas pendidikan agar rutin melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan satuan PAUD di tingkat gampong, guna memastikan tersedianya layanan PAUD secara holistik integratif serta mengukur tingkat keberhasilan program PAUD yang tengah dijalankan. “Semoga pertemuan dan silaturahmi yang terjalin bersama segenap komponen masyarakat Kecamatan Woyla ini dapat terus terjaga, sekaligus menjadi media bagi kita semua untuk membangun komunikasi dan kolaborasi, utamanya dalam rangka mendukung terwujudnya peningkatan kualitas pendidikan bagi anak usia dini di Kabupaten Aceh Barat” pungkas Radhiah.
Sementara itu, Camat Kecamatan Woyla, Teuku Faisal, menyampaikan jumlah anak usia dini yang berusia 0-6 tahun di Kecamatan Woyla sebanyak 1.343 anak. Untuk itu, dengan dikukuhkannya Bunda PAUD gampong dalam Kecamatan Woyla, diharapkan bisa memperkuat peran Bunda PAUD gampong dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di masing-masing gampong ujarnya.

Adapun layanan PAUD yang tersedia di Kecamatan Woyla saat ini di antaranya, 8 Taman Kanak-kanak (TK) dan 5 kelompok bermain. Ia berharap fasilitas layanan PAUD di Kecamatan Woyla ini bisa terus ditingkatkan, salah satunya melalui alokasi dana desa di masing-masing gampong yang ada dalam Kecamatan Woyla tutupnya.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat, Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Aceh Barat, Camat dan unsur Muspika Kecamatan Woyla, Bunda PAUD Kecamatan Woyla dan Ketua Pokja Bunda PAUD Kecamatan Woyla, Kepala Puskesmas Kecamatan Woyla, para keuchik, pimpinan dayah, serta tokoh masyarakat.(MUH)

Tags

Related Post