KAPAL MT. AASHI TERDAMPAR DI PERAIRAN DESA HUMENE SIHENE’ASI KECAMATAN TUGALA OYO KABUPATEN NIAS UTARA

Postmedan.com. Nias Utara||Kapal MT. AASHI terdampar di perairan desa humene sihene’asi kecamatan tugala oyo kabupaten Nias Utara pada hari selasa 21 Pebruari 2023. Menurut informasi

Firman

Postmedan.com. Nias Utara||Kapal MT. AASHI terdampar di perairan desa humene sihene’asi kecamatan tugala oyo kabupaten Nias Utara pada hari selasa 21 Pebruari 2023.

Menurut informasi Dari Masyarakat desa Faekhuna’a Kec. Afulu Kab. Nias Utara tentang Adanya Kapal Tanker (Asing) Terdampar di wilayah Perairan Humene Sihene’asi Kecamatan. Tugala Oyo Kab. Nias Utara / Perbatasan Wilayah Kec. Afulu dan Kec. Tugala Oyo.katanya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut selanjutnya Personil KPLP UPP Lahewa bersama personil Pos AL Lahewa, Personil Koramil O5 Lahewa, Personil Sat Polair Polres Nias berangkat menuju lokasi tersebut.

Kapten Kapal menjelaskan Kapal Tanker yang terdampar bernama MT AASHI dengan Nomor IMO 9516715 OFFICIAL NO. 393684 OFFICIAL NO. 290234 REGISTER GABON dengan Jumlah Kru/Abk Kapal sebanyak 20 Orang terdiri dari : – 1 (satu) orang Kapten dan 19 Abk Kapal berkewarganegaraan INDIA.

Adapun terdamparnya Kapal Tanker tersebut pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 sekitar Pukul 05.00 Wib yang disebabkan adanya Kerusakan/Kebocoran Body Kapal yang tidak terkendali ( Force Majeur) tepatnya pada bagian Haluan Kapal Sebelah Kanan yang di sebabkan hantaman ombak dan kondisi sudah Berkarat.

Menjadiuatan dalam Kapal Tanker Tersebut yakni Bahan Mentah Aspal (BINTUMEN) yang dibawa dari Pelabuhan KHOR FAKKAN/ANCH Negara UNI EMIRAT ARAB ( UEA) yang berangkat pada 19 Januari 2023 yang akan di kirim ke Wilayah Padang dan Sibolga.

Poratanggal 15 Januari 2023 Pukul 13.00 s.d 16:00 Wib di Kantor KPLP Lahewa
1. Danposal lahewa Letda Laut (P) Jonni Wanto Harefa Mengadakan rapat Kordinasi dengan instansi terkait. Dalam rangka adanya pencemaran lingkungan maritim yang disebabkan kebocoran kapal Tangker MT. AASHI yang terdampar di desa Faekhuna’a Kec. Afulu kab. Nias Utara pada tanggal 11 Januari 2023 bertempat di kantor posal lahewa.

Dan Daftar nama yang ikut serta rapat kordinasi.:
Pgs Danposal lahewa Letda Laut (T) Jonny Wanto Harefa, Pasop lanal Nias Letda laut (P) Rozi, Kepala Upp Lahewa BPK. Wasfina, Distrik Navigasi Tipe A kls III Sibolga Setiaman Zendrato, Keagenan PT.RBS Rihardi, Kasat Polairud Polres Nias AKP Y. Lase.

Dari hasil rapat Syahbandar belum menerima surat tertulis adanya accident MT. Aashi, Hal ini bukan kasus kecil Aksi Penanggulangan segera Dilaksanakan karena tumpahan sudah meluas, Penanggung jawab belum ada surat pertanggung jawaban belum dilayangkan, Penunjukan ke agenan dan MOU belum jelas, Pemilik kapal sampai saat ini tidak ada menemui All Parties
Pihak pemilik kapal tidak mengikuti arahan Agen, penanggung jawab belum ada surat pertanggung jawaban belum dilayangkan.

Adanya Orang Asing bertindak sendiri menuju ke Kapal menyalahi aturan dari Otoritas Setempat, Evakuasi ABK Di prioritaskan, Penanganan Pencemaran Secepatnya.

Pada hari kamis, 16 Februari 2023, Pukul : 08.30 WIB s/d 20.30 WIB, Perairan Tugala Oyo Personil Sat Polairud melakukan epakuasi kru ABK kapal MT AASHI yang terdampar dengan TIM gabungan oleh DANPOS AL , POLSEK LAHEWA, BASARNAS, UPP KLS III LAHEWA -PERANGKAT DESA & WARGA MASYARAKAT DESA.

Sampai saat ini epakuasi terhadap 20 orang Kru ABK MT AASHI telah berhasil di selamatkan dari pantai dan di bawa menuju balai desa Faikhuna’a dalam keadaan sehat , personil sat polairud, TNI AL ,polsek lahewa upp kls III LAHEWA,Basarnas masih standby di lokasi desa Faikhuna’a tepatnya di balai desa.

Dan Telah di lakukan pengecekan kesehatan terhadap 20 orang Kru ABK kapal MT AASHI team kesehatan yang diturunkan dari BAKES LANAL NIAS situasi sampai saat ini aman dan terkendali.

Ditemukan dampak tupahan ASPAL di Lokasi pantai Terdamparnya Kapal MT AASHI Berada di Perairan Desa siwawe kecamatan tugalaoyo Kabupaten Nias Utara,kurang lebih 10km arah Utara dan 10km arah barat kab.nias Utara .

Pada jumat – Sabtu, 17 – 18 February 2023 Pemda Nias Utara melalui Surat Bupati Nias Utara Nomor 523/427/DISKAN/II/2023 tentang permintaan Permintaan Pertanggungjawaban Atas Dampak Pencemaran Lingkungan yang disebabkan oleh Tumpahan Bahan Mentah Aspal dari Ka. (E.hareva)

 

Tags

Related Post