My. NAWAL EDY RAHMAYADI MELAKSANAKAN SOSIALISASI KONDISI KANKER DI SUMATERA UTARA DAN CEGAH KANKER CERDIK

Postmedan.com. Nias Utara || Pelaksanaan Sosialisasi Kondisi Kanker di Sumatera Utara dan Cegah Kanker dengan Cerdik Bertempat di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara, Hari Selasa

Firman

Postmedan.com. Nias Utara || Pelaksanaan Sosialisasi Kondisi Kanker di Sumatera Utara dan Cegah Kanker dengan Cerdik Bertempat di Aula Tafaeri Kabupaten Nias Utara, Hari Selasa 19 Juni 2023.

Pada Sambutan Ketua  Ketua Yayayasan Kanker Indonesia Kabupaten Nias Utara Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada pengurus Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara dan rombongan yang datang langsung berkunjung ke Kabupaten Nias Utara. terlebih dalam melaksanakan sosialisasi dapat membawa manfaat yang baik dan  menambah keakraban dalam memperkuat tali silaturahmi,

Seterusnya Organisasi Yayasan Kanker Indonesia adalah Organisasi Sosial yang non profit yang mengupayakan penanggulangan pasien kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotip, preventip, dan suportip. Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Nias Utara berharap kepada seluruh hadirin untuk dapat menyimak dengan baik dan memetik hikmat agar bisa mencegah kanker dan berperan aktif memberi edukasi kepada masyarakat karena kanker bisa diatasi sendiri.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A,.Pi.,M.Si dalam arahannya menyampaikan bahwa kanker merupakan penyakit mematikan nomor dua setelah jantung, dan memiliki beberapa jenis yang bisa menyerang masyarakat. Untuk itu Wakil Bupati Nias Utara menghimbau seluruh masyarakat untuk bisa mencegah penyakit kanker  dengan cara mengolah makanan yang baik, menghindari alkohol, menjuahkan asap rokok dan selalu berolahraga.

Diakhir arahannya Wakil Bupati Nias Utara berharap kepada seluruh peserta sosialisasi untuk memberikan perhatian serius dan semoga dengan kehadiran pengurus Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara dapat memberikan manfaat dalam mengurangi kasus penyakit kanker di Kabupaten Nias Utara.

Sementara itu Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi dalam penjelasannya menyampaikan bahwa di  beberapa Rumah Sakit di Sumatera Utara untuk tahun 2022 di RS H.Adam Malik ada 576 orang, RSUD Dr. Pirngadi 320 orang, RS Murni Teguh 354 dan beberapa kasus lain di beberapa Rumah Sakit yang tersebar di Sumatera Utara. Untuk jenis kanker yang mengalami kasus yang tertinggi ditangani adalah kanker payudara, kanker rektun, kanker Kandung Kemih, kanker Tiroid dan beberapa jenis kanker lainnya.

Ny. Nawal Edy Rahmayadi juga mengajak seluruh masyarakat dengan mencegah kanker dengan cara ‘CERDIK’ yaitu cek kesehatan secara rutin, rajin aktifitas fisik, jauhkan asap rokok, diet simbang, istrahat yang cukup, kelola stress.

Pada Acara ini dihadiri oleh, Staf Ahli Bupati Nias Utara, Asisten, Kabag,  Kepala OPD Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nias Utara, ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Kontributor Edu-Harefa

Tags

Related Post